widgeo.net

Blogroll

Pelajar Pelopor Tertib Lalu Lintas Provinsi Jawa Timur Tahun 2013

Pelajar Pelopor Tertib Lalu Lintas Provinsi Jawa Timur Tahun 2013

Limbah Batok Kelapa

Kamis, 14 November 2013

Limbah tak selamanya hanya menggangu kehidupan manusia. Bila mengolahnya dengan baik, bahkan sesuatu yang tidak bergunapun akan dapat menjadi suatu barang yang berharga. Salah satu contohnya adalah batok kelapa. Limbah yang satu banyak ditemukan disekitar kita bukan? tempurung kelapa yang tidak bernilai, masih bisa disulap menjadi barang bermanfaat.

Kelapa muda merupakan salah satu buah yang cukup digemari oleh sebagian besar penduduk di Indonesia. Pemanfaatan dari buah ini sendiri cukup beragam, beberapa di antaranya adalah es kelapa muda, campuran es buah bahkan sampai campuran ice cream.

Dengan begitu banyanyaknya pemanfaatan dari kelapa muda, pasti lah banyak sekali tumpukan kulit kelapa muda yang jika kita biarkan begitu saja bisa menjadi sumber penyakit yang cukup mengerikan bagi kita, contohnya saja tempurung kelapa muda bisa saja menampung air hujan dan akhirnya akan menjadi sarang nyamuk demam berdarah yang sekarang ini sedang mewabah di Indonesia. Untuk itu, bagaimana cara kita memanfaatkan tempurung buah kelapa? Untuk lebih jelasnya mari kita bahasa bersama dalam laman ini.

Pemanfaatan tempurung kelapa yang pertama yaitu bisa di gunakan sebagai sumber energi yang paling sederhana adalah digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak. Mungkin dimasa modern ini kita sudah sulit menemukan orang yang memasak menggunakan kayu bakar apa lagi tempurung kelapa. Namun tanpa kita sadari, penggunaan tempurung kelapa ini sangatlah menguntungkan. Kita lihat dari segi ekonomisnya tentu lebih murah dibandingkan dengan kita menggunakan gas LPG. Selain itu, gas LPG saat ini sudah sangan sulit untuk kita dapatkan dan juga tidak dapat kita perbaharui. Menggunakan tempurung kelapa juga mempengaruhi rasa masakan yang kita masak, kita sadari atupun tidak rasa masakan yang dimasak menggunakan kayu bakar atau tempurung kelapa mempunyai ciri khas tersendiri, memiliki rasa khas sesuai dengan lidah kita.

Cara yang kedua yaitu digunakan berbagai jenis kerajinan tangan, sebagai contoh yaitu tas yang berbahan dasar tempurung kelapa. Selain mempunyai nilai seni yang cukup tinggi, tas dari tempurung kelapa juga dapat memberikan nilai tambah untuk perekonimian masyarakat kita. Salah satu contoh yang tidak jauh dari tempat tinggal kita yaitu ada di daerah Blitar saja.

Ada beberapa contoh kerajinan yang dapat dikembangkan menjadi suatu usaha. Contoh yang pertama adalah berbagai pajangan atau hiasan rumah seperti hiasan berbentuk gajah, kuda bahkan mahluk mitologi yang hanya ada dalam dongeng, yaitu naga. Kerajinan yang paling diunggulkan adalah kerajinan tas. Dari dulu hingga sekarang tas merupakan barang yang paling di minati oleh para wanita dan remaja putri. Tas dari tempurung kelapa ini juga banyak dicari karena modelnya yang etnik dan cantik.

Pemanfaatan batok kelapa sangat menguntungkan, dengan modal yang relatif sedikit, kita dapat memperoleh hasil yang lumayan besar.

 
Created by Yudha Agus Wahyudi
Share this article :

1 komentar:

  1. Heeebat..... dg izin ALLAH semua sisa dari. Yg kita konsumsi dapat berguna menjadi barang yg bernilai tinggi harga nya , semoga berkah. Amin,,,,, Amiiinn.

    BalasHapus


counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Y.A.W.A.R.I.G. - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger