widgeo.net

Blogroll

Pelajar Pelopor Tertib Lalu Lintas Provinsi Jawa Timur Tahun 2013

Pelajar Pelopor Tertib Lalu Lintas Provinsi Jawa Timur Tahun 2013

Pelajar Diharapkan Jadi Pelopor Keselamatan Jalan

Minggu, 24 November 2013

Dalam upaya menanamkan budaya tertib berlalulintas untuk meningkatkan keselamatan transportasi jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Keselamatan Transportasi Darat melaksanakan kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional 2013 yang diselenggarakan di Ruang Singosari, Kantor Pusat Kemenhub Jakarta (21/10/2013).

Dalam sambutannya Direktur Keselamatan Transportasi Darat Hotma Simanjuntak mengatakan, penyelenggaraan kegiatan tersebut memiliki arti penting dalam upaya meningkatkan keselamatan dan menanamkan kesadaran berlalu lintas khususnya di kalangan generasi penerus bangsa dan masyarakat pada umumnya.

Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional yang pada tahun 2013 ini berlangsung pada 20-24 Oktober 2013. Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang peserta dari 17 Provinsi yaitu Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kaltim, Kalbar, KalSel, Sulawesi Tengah, Bali, DI Yogyakarta, dan Gorontalo.

"Dari pemilihan ini diharapkan dapat terpilih Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas dan Angkutan Jalan dari kalangan generasi muda, sebagai aset bangsa, sehingga informasi tentang keselamatan transportasi darat dapat diserbarluaskan di kalangan komunitasnya," jelas Hotma. Menurutnya, dibutuhkan peran serta aktif semua pihak untuk ikut menyelamatkan generasi muda negeri ini melalui kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2013 yang akan terus dilakukan secara berkesinambungan di waktu mendatang.

Lebih lanjut Hotma mengatakan, melalui kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas dan Angkutan Jalan, diharapkan para peserta yang telah berhasil terseleksi di tingkat nasional ini akan terus mensosialisasikan keselamatan lalu lintas di lingkungan sekolah dan di tengah-tengah masyarakat sehingga dapat membawa dampak positif dalam perkembangan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dimana mereka belajar.

Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional tahun 2013 memiliki beberapa tujuan, yaitu:
  1. Meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas dan mengurangi resiko akibat kesalahan berperilaku tidak tertib di jalan.
  2. Memberikan reward atas prestasi tertib berlalulintas dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya menjaga keselamatan di jalan.
  3. Membangun kesadaran generasi muda untuk berperilaku tertib berlalu lintas.
  4. Membangun budaya tertib berlalu lintas sejak dini atas dasar kesadaran pribadi dan tanggung jawab moral untuk meningkatkan keselamatan.
  5. Menyebarluaskan informasi ke kalangan generasi muda melalui peer groupnya.
  6. Menyelamatkan generasi muda sebagai aset bangsa.
Dengan tujuan tersebut, para pelajar diharapkan dapat memberikan rasa kebersamaan dam kesetiakawanan antar peserta lainnya yang berasal dari beberapa provinsi di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan juga meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terkait dengan keselamatan lalu lintas jalan, sehingga dapat mensosialisasikannya di tempat mereka belajar, serta memberikan suri tauladan bagi rekan-rekan di sekolahnya sesuai dengan predikat teladan yang disandangnya. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


counters
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Y.A.W.A.R.I.G. - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger